Selasa, 14 Desember 2010

MENGENAL TEORI DAN PRAKTEK HIPNOTIS

Mengenal teori dan praktek hipnotis

Kata "hipnos" memang berhubungan erat dengan "alam bawah sadar."hipnotis"menyebabkan perubahan spesifik dalam kegiatan elektrik otot.Demikian keterangan Dr.David spiegel.Psikiater dan associate professor dalam psikiatry dan ilmu2 perilaku universites stanford.As diungkapkan ,orang2 yg sedang dikuasai hipnotis mampu meredam pandangan mereka dan meninjau ke pedalaman imajinasi."penemuan ini merupakan langkah maju dalam memahami kemampuan manusia menguasai kesadaran dan bereaksi thdp rasa sakit atau gagasan yg tidak diinginkan,jg mengenai mekanisme pikiran thdp alam benda..


Utk mengerti dan memahami kerja "hipnotisme" dan "sugesti ".Adalah perlu sekali utk menerangkan sedikit tentang cara kerja pikiran dan ksadaran manusia.


Manusia sdikit banyak mempunyai pengetahuan yg cukup tentang apa yg dinamakan kesadaran(akal,pikiran).Dengan ksadaran(akal)ini,kita mengemukakan pendapat,menarik ksimpulan,mengingat ingat.Akan tetapi kita harus insyaf.Bahwa bnyk proses2 yg tak bs kita namakan proses "sadar".Karena sebagaimana kata prof.Barret:sesungguhnya .Proses perkembangan,pemeliharaan dan pemulihan tubuh kita terjadi dgn sendirinya(otomatis),diluar ksadaran kita.

Sbelum memulai percobaan pertama,hendaklah terlebih dahulu mempelajari 4cara yg penting :
1.Apa yg harus dilakukan?
2.Bagaimana cara melakukannya?
3.Apa yg harus dikatakan?
4.Bagaimana mengatakannya?

Pertanyaan 1 dan 3 jelas mudah dijawab:yg harus dilakukan jelas jawabnya:mengipnotis suyet .Sdang yg harus dikatakan yaitu sudah pasti saran2 atau sugesti..

Untuk pertanyaan "bagaimana mengatakannya" jawabnya :agar anda bs diterima suyet ,anda harus bersikap tenang,sopan.PD,dan jangan berlagak sok bs dan memaksa..Jangan menghipnotis dgn tergesa gesa.Latian dulu dalam kamar.Stelah hafal dan mahir baru bs praktekan pd orang.

Ingat,bahwa anda baru blajar.Mendalami a.b,c nya hipnotis

skarang mengenai cara mengucapkan kata2:stiap kata yg anda sampaikan kpd suyet hendaknya bernada positif.Bukan teriak tetapi harus tenang shingga suyet ingin beristirahat dan melepaskan ketegangan2.


Spt halnya seorang dokter berbicara dgn para pasiennya,tenang dan mantap.Positif shg pasien mempercayai anda.

Jika suyet anda ternyata orang yg sukar dihipotis,jangan tinggalkan gelanggang.Cobalah dgn cara yg laen.Jangan putus asa,untuk jd juru hipnotis yg berhasil tdk ada yg penting dari kepercayaan diri thdp kesanggupan diri sendiri.

Cari suyet yg tepat untuk melakukan percobaan.

Bercakap cakaplah dengan dia tentang ilmu jiwa.Dan terangkan bahwa bnyk orang amat sukar skali beristirahat dalam arti sbenarnya.Stelah itu usulkan kpadanya untuk mengadakan percobaan kcil mengenai istirahat yg baik.

Terangkan "bahwa kmampuan untuk beristirahat secara sempurna tergantung kpd kemampuan untuk mengendorkan smua otot2.Dan bahwa kbanyakan orang mengira mereka tau cara beristirahat.Sdang sbenarnya mereka itu biasanya dalam keadaan tegang.

Skarang minta suyet untuk mengangkat tangan kirinya ke depan shingga membentuk sudut siku2 dgn dadanya dan topangkan telunjuk kanannya ke telapak tangan kiri.Dalam keadaan demikian telunjuk yg diluruskan itu memikul berat lengan dan tangan .Minta supaya melemaskan tangan dan lengannya tsb,shingga tangan itu bnar2 bertopang pada telunjuk yg diluruskan itu.Ini memerlukan konsentrasi dan istirahat pd waktu bersamaan.,(yg sangat perlu untuk mendatangkan keadaan "hipnosa").

Apabila anda sudah yakin bahwa tangan dan lengan kiri suyet dalam keadaan istirahat spenuhnya,mintalah supaya pd htngn 3 dgn cepat menarik telunjuk kanan dari bawah tangan yg ditopang itu.Stelah itu hitunglah perlahan lahan 1,2,3!Kmudian perhatikan apa yg terjadi
1.Bila suyet bnar2 menuruti perintah .Niscaya.Pd saat ia menarik jari yg digunakan menopang .Maka lengan dan tangan akan jatuh lemas diatas pangkuannya.Ini terjadi kalau lengan itu bnar2 dalam keadaan istirahat.Dan udah trance.

2.Akan tetapi bila tangan kiri masih menggantung diatas udara.Ini artinya orang tsb tdk melemaskan lengan spt yg anda sugestikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar