Sabtu, 18 Desember 2010

AMBITIOUS CARD TRICK

Ambitious Card Trick, atau sering disebut juga dengan sebutan "Elevator Trick" adalah salah satu trik sulap kartu paling legendaris yang sangat sering dimainkan oleh street magician. Dalam trik ini, biasanya ada sebuah kartu tertentu (biasanya ditandatangani oleh penonton) yang sangat "ambisius", di mana kartu itu akan terus melompat ke tumpukan teratas walaupun sudah dimasukkan ke tengah dek kartu. Biasanya,kejadian ini terulang beberapa kali hingga klimaksnya kartu tersebut muncul di tempat tak terduga, seperti di mulut sang magician, di dalam dompet, atau di dalam sepatu. Berikut adalah salah satu contoh rutin "Ambitious Card" yang dibawakan oleh David Blaine :


Sejarah :

Gustav Alberti, seorang magician dari Prancis di abad ke-19 sering disebut sebagai penemu trik ini. Namun, ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa trik ini telah lebih dahulu diterbitkan dalam buku Nouvelle Magie Blanche Devoilée karya Ponsin pada tahun 1854.


Metode :

Bagaimana cara memainkan "Ambitious Card"? Ada sangat banyak cara yang bisa digunakan untuk memainkan rutin ini. Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan "double lift" di dua kartu teratas, balik kartu tersebut terbuka menghadap sang penonton. Minta sang penonton menandatangani kartu yang sudah di "double lift", dan balik lagi kartu tersebut ke posisi tertutup. Masukkan kartu teratas ke tengah (penonton mengira kartu tersebut adalah kartu yang ditandatanganinya, padahal bukan), jentikkan jari anda, dan buka kartu teratas. Penonton akan terkejut ketika melihat kartunya kembali ke tumpukan teratas.

Selain dengan metode "double lift", Ambitious Card bisa dilakukan dengan metode "Card Control", "Card Pass", "Bluff Pass", dengan menggunakan kartu duplikat, dan masih banyak lagi metode lainnya. Metode yang biasanya saya lakukan adalah membuat kartu spesial tersebut melompat ke atas 2-3 kali, sebelum melakukan suatu penutup yang mengejutkan.

Biasanya, ending yang sering saya pakai untuk Ambitious Card adalah Card to Mouth atau Card to Wallet. Ada juga beberapa contoh alternatif ambitious card ending, salah satu yang terbaik adalah "Uzumaki" yang baru-baru ini diterbitkan oleh Dan and Dave Buck :


Trik Ambitious Card adalah salah satu trik terkuat dalam Card Magic, karena memiliki efek visual yang kuat dan tidak memerlukan penjelasan panjang lebar untuk membuat penonton memahami kemagisan permainan ini. Saran saya dalam membawakan permainan ini adalah jangan terlalu terburu-buru. Pelankan tempo, dan biarkan para penonton merasakan tiap momen magis yang anda ciptakan ketika anda berhasil membuat kartu mereka "melompat" ke atas tumpukan. Satu hal lagi, teruslah bereksperimen dan bereksplorasi dengan Ambitious Card hingga anda bisa menyusun sebuah rutin yang paling sesuai dengan gaya anda dan memiliki efek yang hebat untuk para penonton.

sumber : wiku pulangasih the online magician.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar