Kamis, 13 Januari 2011

TRIK MENTALIST

Diterjemahkan dan dikembangkan dari Banachek oleh Wiku Pulangasih the Online Magician.


Deskripsi : Anda seolah-olah bisa menebak dan memprediksi pilihan penonton.


Persiapan :

1. Siapkan sebuah kertas kosong. Di bagian depan kertas buat gambar geometri sederhana berikut :



Perhatikan ketentuan saat menggambar. Buat posisi segitiga sedikit lebih ke atas daripada ketiga gambar lainnya. Buat garis segitiga sedikit lebih tebal. Buat jarak antara kotak dan segitiga dan garis melengkung dengan segitiga lebih lebar daripada jarak antara kotak dan lingkaran. Hal-hal ini dilakukan untuk membuat penonton memilih gambar segitiga.

2. Di balik gambar tersebut, buatlah gambar berikut


Jangan sampai penonton mengetahui keberadaan gambar ini. Lakukan hal yang sama untuk sebuah kertas lain.

Catatan : Anda bisa mempersiapkan gambar segitiga ini sebelumnya, dan menggambar keempat bentuk lain di hadapan penonton, dengan catatan penonton tidak mengetahui keberadaan gambar ini.



Prosedur :

1. Keluarkan kertas pertama, letakkan di atas meja dengan gambar 4 bentuk menghadap penonton. Minta penonton untuk membuat sebuah garis lurus vertikal di salah satu bentuk yang ada. Letakkan pena anda di atas bentuk segitiga untuk mendorong penonton membuat garis di segitiga. Trik ini akan berhasil apabila penonton membuat garis pertama kali di segitiga, atau membuat garis di ketiga bentuk lain kecuali segitiga.

2. Jika penonton langsung membuat garis di segitiga, hentikan permainan, balik kertas, dan buka prediksi anda. Jika penonton tidak membuat garis di segitiga, minta ia membuat garis di bentuk lain (misal lingkaran). Minta ia membuat garis di satu bentuk lain (misal garis lengkung). Sekarang, semua bentuk sudah tergaris, kecuali segitiga. Katakan bahwa anda sudah memprediksi hal ini, sehingga anda sudah membuat garis pada segitiga sebelum permainan. Balik kertas dan tunjukkan prediksi anda.

3. Apabila penonton membuat garis di segitiga pada urutan kedua atau ketiga (yang berarti trik anda gagal), lanjutkan sampai ia menggaris semua bentuk. Ambil kertas (jangan sampai penonton mengetahui prediksi segitiga di baliknya), dan katakan bahwa itu tadi hanya tes. Keluarkan kertas lain dengan gambar keempat bentuk yang sudah anda persiapkan sebelumnya, ulangi proses, dan berharaplah penonton menggaris segitiga di urutan pertama atau terakhir, sehingga trik anda berhasil.

4. Jika pada kertas kedua penonton menggari segitiga lagi-lagi di urutan kedua atau ketiga (berarti trik anda gagal), jangan khawatir. Jangan sampai penonton mengetahui tentang prediksi. Katakan bahwa anda sedang menerapkan sebuah eksperimen dari laboratorium psikologi. Karang saja cerita, misalkan penonton yang menggaris lingkaran pertama berarti memiliki kreativitas yang hebat, apabila ia menggaris kotak pertama kali berarti ia orang yang berpendirian teguh, dan sebagainya. Namun, kegagalan ini sangat jarang terjadi, karena anda telah menerapkan hal-hal yang secara psikologis membuat penonton memilih segitiga (garis segitiga yang lebih tebal, posisi yang agak ke atas, dan jarak yang lebih lebar). Apabila gagal pun, trik ini bisa ditutupi dengan sangat mudah, sehingga sangat cocok sebagai pembuka pertunjukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar